artikel iseng

   Kehidupan adalah suatu anugrah besar yang diberikan Allah kepada umat manusia dan segala ciptaannya. Namun manusia yang mempunyai kelebihan yakni otak, banyak yang tidak mengenalnya bahkan ada yang mengingkarinya dan tidak mau menerima ajaran para utusan (rasul) yang sudah jelas membawa berita bahagia dan memberi peringatan bagi manusia seperti kita ini. Kalau kita berpikir secara mendalam dengan otak yang kita miliki pasti ujung-ujung akan berakhir pada-Nya, dan kita bisa membuktikan kebenaran ajaran yang dibawa oleh para utusan secara ilmiah/ realita dalam kehidupan, bahwa ajaran para utusan itu benar dan sangat bermanfaat bagi kehidupan didunia maupun diakhirat. Tetapi seluruh umat manusia perlu mengetahui akan seluruh nabi, dari yang awal diutus (nabi adam) sampai paling akhir/ penutup para nabi (nabi muhammad). Kenapa kita perlu mengetahui itu semua? Karena para nabi itu diutus pada zaman tertentu, tetapi nabi yang terakhir (nabi muhammad) mempunyai semua keistimewaan para nabi sebelumnya dan mendapat keistimewaan (al-qur’an) yang dijamin keasliannya sampai hari akhir/ hari kiamat, yang berfungsi sebagai sumber hukum/ petunjuk dari zaman ke zaman (hingga hari kiamat) bagi seluruh umat manusia agar selamat/ bahagia dalam kehidupan dunia dan kehidupan akhirat.

Adapun kehidupan yang akan dilintasi umat manusia dibagi menjadi dua macam, yakni :

  1. Kehidupan Dunia

Adalah kehidupan jiwa yang disertai organ tubuh yang berfungsi untuk melaksanakan kewajiban-kewajiban yang disampaikan oleh para utusan sang pencipta (Allah), sebagai ciptaan, hamba serta kholifah bagi segala sesuatu yang terdapat di dunia/bumi. Dan dalam kehidupan dunia ini juga terdapat sunnatullah (sebab akibat) yang berlaku bagi tindakan seluruh makhluq agar tidak kebingungan dalam merangkai kehidupan yang baik hingga akhir (husnul khotimah).

  1. Kehidupan Akhirat

Adalah kehidupan jiwa yang sudah tidak disertai organ tubuh setelah kehidupan dunia diatas, dan dalam kehidupan ini dapat disebut juga kehidupan pertanggungjawaban atas perbuatan manusia dalam melaksanakan kewajiban didalam kehidupan dunia. Oleh sebab itu, sang pencipta (Allah) mengutus para utusan untuk menyampaikan petunjuk/ pedoman bagi umat manusia agar mendapat kebaikan/ kebahagian didalam kehidupan akhirat ini. Akan tetapi, dikehidupan akhirat ini terdapat dua tempat, yakni :

a. Surga

Tempat bagi orang-orang yang taat pada Allah dan yang menjalankan kewajiban-kewajiban yang dibawa oleh para utusan (rasul) hingga mencapai husnul khotimah.

b. Neraka

Tempat ini kebalikan dari surga diatas. Karena tempat ini dikhususkan pada orang-orang yang durhaka/ mengingkari akan ke-esaan Allah dan ajaran para utusan (rasul).

Tinggalkan komentar